Cek Kesehatan Usaha (CKU)

Free

Cek Kesehatan Usaha Bumdes Anda!
Sahabat Bumdes, setidaknya dalam lima tahun terakhir sejak disahkannya undang-undang desa, kita bersama dapat melihat pergerakan; pengembangan dan pembangunan di desa, sebagai upaya menerjemahkan dalam aktivitas nyata amanah yang terkandung dalam undang-undang desa.

Upaya yang dapat kita lihat dalam membangun dan mengembangkan desa menjadi desa maju dan mandiri salah satunya adalah dengan geliat roda ekonomi dan sosial yang ada di desa, yang dalam hal ini diinisiasi oleh keberadaan BUMDes.

Kita telah melihat banyak contoh BUMDes sukses yang berhasil memberikan banyak manfaat bagi desa, bukan semata manfaat Pendapatan Asli Desa, namun manfaat yang bersifat berkelanjutan bagi kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat desa.

BUMDes sukses,  bukan cerita belaka, namun demikian kita juga mendapati bahwa masih ada desa yang belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) atau  kita juga mendapati bahwa ada BUMDes yang kemudian layu sebelum berkembang, mati suri, tinggal papan nama.

Ada  dua sisi dari keberadaan BUMDes, mereka yang berhasil  dan sukses menjadi satu badan usaha yang memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi desa, pun sebaliknya BUMDes yang kemudian hadir dan hilang tanpa ada kabar kelanjutannya.

Mengapa ini  terjadi? Kita bisa berspekulasi dengan berbagai alasan kegagalan atas mati surinya BUMDes di desa-desa, begitu banyak persoalan dan kendala yang dapat dilegitimasi mengapa BUMDes gagal. Namun, perlu diingat bahwa tidak pula sedikit BUMDes yang hadir dan sukses seperti telah disebutkan di atas.

Karenanya, setelah perjalanan sekurang-kurangnya lima tahun sejak undang-undang desa di sahkan, dan kemudian keberadaan BUMDes mulai tumbuh di berbagai tempat, maka ada hal penting yang perlu kita lakukan bersama, untuk melihat sebenarnya sejauh apa kondisi BUMDes yang ada di desa kita.

Apakah BUMDes yang ada di desa kita hanya jalan di tempat? BUMDes di desa kita semakin mundur ke belakang? Atau kesulitan untuk maju ke depan? Tidak ada daya untuk berdiri dan bangkit? Apa malah BUMDes di desa kita tinggal papan nama dan tiada kabar kelanjutannya? sesakit apa BUMDes yang ada di desa kita? Apakah sakitnya dapat disembuhkan?

Apa sebenarnya yang di hadapi oleh BUMDes? Kendala apa yang menjadikan BUMDes tidak memiliki kemampuan  menjalankan unit usaha dengan baik, seperti halnya BUMDes lain yang mampu mengelola unit usahanya dengan baik dan sesuai dengan perencanaan serta target yang telah ditetapkan.

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah kita bersama perlu untuk melakukan Cek Kesehatan Usaha Bumdes. Agar dapat melihat dengan lebih jelas kondisi kesehatan usaha yang dijalankan oleh BUMDes.

Pencapaian keberhasilan pada usaha yang dirintis oleh BUMDes membuat pengurus BUMDes fokus mengenai bagaimana cara untuk meningkatkan produksi, kualitas dan omzet dari unit usaha BUMDes. Hal ini memang wajar tetapi perlu diingat untuk unit usaha yang bisa berkembang dengan pesat tidak hanya terfokus kepada penjualan semata namun juga memperhatikan dari kondisi kesehatan usaha yang ada.

Apabila semua ini tidak seimbang meskipun unit usaha BUMDes mungkin terlihat maju saat ini, tetapi pada suatu waktu bisa saja mengalami kegagalan dengan cepat. Kenapa? Karena ada ‘penyakit’ yang tidak terdeteksi sebelumnya, yang lambat laun menjadi ‘kanker’ dalam unit usaha BUMDes kita.

Oleh karena itu, baik unit usaha yang saat ini mati suri, jalan di tempat, atau unit usaha yang sudah sukses dan maju, keduanya sama-sama memerlukan dilakukannya Cek Kesehatan Usaha BUMDes. Hal ini tidak lain untuk melihat lebih jelas kondisi kesehatan usaha BUMDes.

Apa itu  Cek Kesehatan Usaha BUMDes?
Cek Kesehatan Usaha Bumdes (CKU-B) merupakan sebuah alat yang dikembangkan SYNCORE INDONESIA dan BUMDES.id untuk menentukan rating dan tipologi Bumdes. Rating dan  Tipologi  Bumdes  ini  bermanfaat  untuk memetakan  potensi  dan  kendala  unik  masing- masing Bumdes dan menentukan jalur pengembangan Bumdes. Rating dan Tipologi Bumdes juga bermanfaat untuk menjadi basis data dan baseline / titik nol pendampingan.

Apa Fungsi Cek Kesehatan Usaha BUMDes?
1. Alat pemeringkatan dan pengelompokan usaha Bumdes
2. Alat prediksi kegagalan usaha Bumdes dan identifikasi area perbaikan
3. Memberi Rekomendasi Umum untuk program pendampingan

Bagaimana melakukan Cek Kesehatan Usaha BUMDes?
Untuk mendapatkan layanan Cek Kesehatan Usaha BUMDes Sahabat Bumdes melalui http://superapps.syncore.id/cku dan dapat menghubungi https://wa.me/6285772900800 untuk nantinya dijelaskan lebih detail tentang mekanisme kerja sama dan layanan Cek Kesehatan Usaha BUMDes.

Mari bersama kita membangun desa menuju Desa Mandiri dengan BUMDes Sukses. Bagi sahabat BUMDes sekalian, jangan ragu untuk memulai, mari terus tingkatkan keterampilan dan kemampuan mengelola BUMDes.

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumde. Informasi Lengkap Klik Kelas Sekolah Bumdes – Pendaftaran Training of Trainers Pendampingan Bumdes Angkatan 20

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

  • Sesi 1 - Sesi 1
  • Sesi 2 - Sesi 2
  • Sesi 3 - Sesi 3
  • Sesi 4 - Sesi 4
  • Sesi 5 - Sesi 5
Hari / Tanggal Sesi / Waktu Materi Narasumber Metode
Kamis, 30 April 2020
Sesi 1, 09.00 - 12.00
Mengenal Digital Marketing
Rudy Suryanto, SE.,M.Acc., Ak.,CA
Kuliah Whataspp
  • - Aplikasi ZOOM Meeting di gadget (HP/laptop)
  • - Koneksi internet yang baik
  • - Kertas & pulpen untuk mencatat
4.5
  • 3
  • 2
  • 0
  • 0
  • 0
Your Rating: